§ 1956: Jhon Bachus dan tim IBMnya menciptakan fortran dengan bahasa pemprograman tingkat tinggi.
§ 1960: LISP meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program tiruan.
§ 1965: Orientasi bahasa benda dengan perakitan tambahan dengan simulasi, ditulis oleh Kristen Nygaard dan Ole John Dahl.
§ 1969: Bill
Gates & Paul Allen menyebutnya dengan “lake side programming group”
menyetujui komputer dengan badan hukum pusat untuk mematenkan pdp-iq
software.
§ 1975: Paul
Allen di dalam suratnya, Bill Gates menggunakan nama “micro-soft”
menyerahkan kepada rekan kerja nya.untuk cepat-cepat menuliskan tentang
referensinya.
§ 1976: Untuk pertama kalinya microsoft di kembangkan, mereka menyebutnya dengan “the legend of micro-kid”.
§ 1977: Pemerintahan US mengadopsi data standar IBM, untuk membuka kode kunci pesan dan ntuk melindungi rahasia agensi mereka.
§ 1978: Microsoft mengumumkan produk ketiganya, MICROSOTF COBOL-80 dijual seharga 1 juta dolar US.
§ 1979: Micosoft mengumumkan, MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit micropocessors.
§ 1981: IBM
memperkenalkan personal computer dengan penggunaan Microsoft 19 bit
operting system,MS DOS 1.0,plus Microsoft BASIC,COBOL,PASCAL,dan produk
Microsoft lainnya.
§ 1983: Microsoft memperkenalkan word processing program,Microsoft word for MS DOS 1.00 .
§ 1989:Maxis memproduksi video game ,dengan kelas baru untuk pendidikan dan hiburan.
§ 1995: Windows 95 ships.
§ 1997: Deep blue defeats world chess champion.
§ 1998: Windows 98
§ 2000: Windows 2000
§ 2001: Windows XP
§ 2006: Windows Vista
System perangkat lunak
Perangkat keras computer tidak dapat
berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak. Teknologi yang canggih
dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu
telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi tersebut disebut dengan
perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi perangkat lunak di tulis
oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras computer.
Perangkat keras computer mempunyai
beberapa kegunaan yang sudah di bentuk dan di pasang di dalamnya untuk
dapat menanggapi instruksi-instruksi yang diberikan. Apabila seseorang
harus menyusun perangkat lunak yang langsung berhubungan dengan
perangkat keras terlebih dahulu, akan sangat sulit karena harus di
ketahui secara persis cara kerja perangkat keras yang bersangkutan.
Kesulitan akan semakin bertambah karena peralatan yang berbeda mempunyai
karakteristik dan cara operasi yang berbeda pula sehingga memerlukan
perangkat lunak yang juga berbeda . Untuk mengatasi hal ini,maka di
buatlah suatu perangkat lunak yang di sebut dengan system operasi
(operating system/OS)
Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat lunak secara umum dapat dibagi menjadi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bahasa Pemrograman:
merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur&algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang
dapat dijalankan computer,contoh bahasa pemprograman: BASIC, COBOL,
Pascal, C++, FORTRAN.
2. System Operasi: saat
computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali
dijalankan,sistim operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan
masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory dan
memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh system
operasi: DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3. Utility: system operasi
merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya
pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting), memeriksa disket
yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk
(partisi,defrag), contoh utility adalah Norton utility
Hubungan antar perangkat keras dan perangkat lunak dapat digambarkan sbb:
User – Aplication software – Language software – Operating system – Hardware
System operasi
System operasi merupakan system perangkat
lunak yang sudah ditulis oleh pabrik yang berfungsi sebagai antarmuka
(interface) antara perangkat keras dan instruksi yang ditulis oleh
pemakai(user). Sistem operasi akan mengatur semua system operasi dari
perangkat keras computer. Sebagai contoh pemakai computer hanya
menuliskan perintah DIR untuk menampilkan isi direktori ke layar tanpa
harus mengetahui bagaimana perangkat keras tersebut melakukannya, karena
tugas tersebut dilakukan oleh system operasi.
System operasi sangat berkaitan dengan
prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah
kompatibel dengan produk awal IBM dan Manchitos. PC Manchitos perangkat
lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya
tidak sepesat clonnig IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini
secara umum terbagi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft
dan bersifat freeware, yang dikembangkan oleh peneliti seluruh dunia
karena bersifat open source yaitu bahan baku pembuatnya dapat dibaca,
sehingga hasilnya dapat ditambah atau di modifikasi setiap orang.
Sementara interaksi antara pengguna dan
computer di kenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian
instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara ke dua yaitu
tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis.
Interpreter menterjemahkan instruksi satu
persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi
selanjutnya, sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.
Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Perangkat lunak bahasa merupakan program
khusus yang sudah dibuat oleh pabrik computer atau perusahaan perangkat
lunak yang digunakan untuk mengembangkan program aplikasi. Program ini
berfungsi sebgagai penterjemah program yang ditulis dengan bahasa
pemprograman computer menjadi bahasa mesin yang dapat di mengerti oleh
computer. Bila perangkat lunak bahasa ini tidak tersedia, maka pembuat
program harus menuliskan programnya langsung dalam bahasa mesin yang
berbentuk bilangan biner, dan hal ini sangat sulit dan rumit.
Perangkat lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi:
1. Assembler(perakit): merupakan
program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang
ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa
pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.
Dengan bahasa simbolik, masing-masing
kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi
dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.
Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program
sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa
mesin disebut dengan program objek (object program=OBJ). Proses
pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menapilkan daftar
keslahan-kesalahan sintaks (jika ada) yang dibuat oleh pemprogram.
Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih
lanjut.
Walau penulisan program dengan bahasa
simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin, tetapi harus
dirasakan kesulitan karena penulis program harus:
- Mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di dalam cpu.
- Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan
- Mengetahui fungsi-fungsi yang di sediakan oleh OS.
Untuk mengatasi hal ini telah
dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan pemakai komputer yang
di sebut bahasa tingkat tinggi (high level language), misalnya basic,
fortran, pascal c, dsb. Program yang di tulis dengan bahasa tingkat
tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di
mengerti oleh komputer. Penerjemah ini dapat berupa kompilator atau
interpreter.
2. Compiler:
menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama
dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya
di link sehingga menghasilkan file exe. Contoh perangkat lunak bahasa
seperti ini adalah pascal, c, dan masih banyak lagi.
3. Interpreter:
menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum
komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program
obyek maupun file exe. Contoh untuk ini adalah:basic versi baku, dbase,
dan sebagainya.
Perangkat lunak aplikasi
Sistem operasi dengan perangkat lunak
bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam
aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer. Program yang
ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi
tertentu di sebut program aplikasi atau program paket. Ada dua cara
untuk bisa mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan
mengembangkan sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau
membelinya (mudah).
Saat ini banyak sekali program-program
aplikasi yang tersedia di pasaran. Program-program ini dapat diandalkan,
dapat memenuhi kebutuhan pemakai, dirancang dengan baik, relatif bebas
dari kesalahan, mudah digunakan (user friendly), mempunyai dokumen yang
memadai dan didukung oleh purna jual yang baik. Program-program paket
ini di gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah umum seperti membuat
dokumen (word star, microsoft word), membuat slide presentasi (ms power
point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar (adobe
photoshop) dsb. Akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang
sifatnya khusus dan unik sehingga tidak ada paket-paket program yang
sesuai untuk digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan program
aplikasi sendiri, misalnya program sistem SKS universitas, program sistem keuangan perusahaan, dll.
0 komentar:
Post a Comment